SPIRIT

A heartbreak is a blessing from God. It’s just his way of letting you realize he saved you from the wrong one. Patah hati adalah berkah Tuhan. Itu adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yang salah

Kamis, 23 April 2015

KULTUR LOKAL

Betapa berat tantangan yang dihadapi anak dan remaja era tahun 2000-an, terutama siswa-siswi Hurin ‘In. Mulai dari pergaulan bebas, penggunaan narkoba dan penyimpangan seksual telah menjadi pemandangan sehari-hari mereka. Belum lagi pengaruh negatif perkembangan teknologi dan pengetahuan global yang siap menjebak mereka pada gaya hidup yang manja, materialis dan hedonis.

Apalagi didukung oleh acara sinetron remaja di televisi yang lebih banyak mengeksploitir life style kemewahan, anak gedongan dan impian-impian yang serba wach !. Perlahan, namun penuh pasti mereka pun kehilangan jati diri sebagai sebagai manusia, sebagai hamba Allah Swt.

Malangnya lagi, anak-anak dan remaja yang mulai kehilangan jati diri itu dihadapkan juga oleh kontradiksi "kaya-miskin” yang mencolok, ketidak adilan sosial dan hukum yang telah melahirkan premanisme, mulai dari yang berpenampilan ala punk rock hingga pada tingkat yang paling menjijikkan; premanisme berseragam, berdasi dan tampilan relegius.

Kriminalitas pun terjadi dimana-mana, di berbagai strata sosial. Karena itu harus segera disadari, sekaligus dicarikan jalan keluar untuk, “bangunan kemanusiaan” anak-anak dan para remaja era milinea  yang tengah porak poranda ini.

Pendidikan yang mengarahkan setiap anak dan remaja menjadi generasi yang saleh dan salehah (baik dalam arti individu maupun sosial) adalah salah satu solusi nya. Hurin ‘In hadir dalam rangka menjawab tantangan zaman yang tengah dihadapi anak-anak dan remaja era tahun 2000-an.

Siswa-siswi Hurin ‘In dikenalkan dan dimotivasi pada praktek ibadah keseharian kehidupan setiap Muslim. Bukan melulu pada sisi ritual semata, lebih dari itu pada budaya (culture) yang diagamakan dan praktek keagamaan yang di budayakan seperti tahlil dan shalawatan, sebuah akulturasi  agama dalam tradisi lokal yang menjadi corak Islam yang khas Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar