SPIRIT

A heartbreak is a blessing from God. It’s just his way of letting you realize he saved you from the wrong one. Patah hati adalah berkah Tuhan. Itu adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yang salah

Jumat, 24 April 2015

CERITA

Di jadikan nya cerita sebagai bagian dari materi proses belajar mengajar Hurin ‘In bukan tanpa pertimbangan. Cerita, sebagaimana disebutkan Robert Cole, Children: How to Raise a Moral Child, adalah metode didaktif yang jauh lebih efektif ketimbang diskusi abstrak tentang moral.

Orang akan lebih mudah terpanggil dengan cerita  “konkret” pergumulan moral seseorang ketimbang dengan diskusi abstrak, misalnya: Apakah kebenaran itu, apakah keburukan itu, bisakah kita memperoleh cinta Tuhan, dan seterusnya dan sebagainya.

Dari cerita ini, setiap siswa-siswi Hurin ‘In (atau siapapun saja) sebenarnya diajak untuk terlibat menemukan intisari kebijaksanaan di dalamnya. Dari temuan-temuan itu diharapkan kelak mereka menjadi seorang yang bijak bestari.

Dari cerita ini pula diharapkan menjadi sumbangsih (sekecil apapun ia) bagi terbangunnya (meminjam istilah Gordon W. Allport) pola beragama yang intrinsic, pola beragama yang memandang agama sebagai comprehensive commitment dan tracking integrative yang mengatur seluruh hidup seseorang, pola beragama yang dapat membenamkan ruh spiritualisme didasar kedalaman hati yang dapat mengubah dan meningkatkan kwalitas diri setiap pelakunya.

Pola beragama yang demikian inilah yang dipastikan dapat menunjang setiap pelakunya memiliki kesehatan jiwa dan sarat dengan kehidupan ruhaniah sebab ladang jiwanya dibasahi oleh kepuasan-kepuasan transendental. Kehidupan yang dijalaninya pun sangat dicita rasai oleh cita rasa ilahiah yang membuatnya sabar dan pemaaf.

Pola beragama intrinsic yang yang mengerakkan pelakunya berusaha memilih jalan yang di pandang terbaik menurut Allah, menyerahkan diri kepada Allah hingga akhirnya ia tidak sombong ketika berhasil meraih cita-cita dan tidak berputus asa ketika cita-cita itu tidak (atau belum) dapat digapainya. 

0 komentar:

Posting Komentar