SPIRIT

A heartbreak is a blessing from God. It’s just his way of letting you realize he saved you from the wrong one. Patah hati adalah berkah Tuhan. Itu adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yang salah

KALAM PEMBUKA



Komunitas Hurin 'In adalah sebuah kelompok pengajian anak-anak yang berlokasi di wilayah Jati Bunder, Tanah Abang Jakarta Pusat. Kelompok ini berdiri berdiri sejak tahun 1970-an dan aktif memberikan pendidikan agama dan alternatif bagi anak-anak usia dini dan usia sekolah (SD-SMU) serta para ibu rumah tangga.

Pada awal berdirinya, Hurin 'In yang artinya ‘Bidadari Kecil’, menggunakan pola pendidikan konvensional, ‘pengajian lekar’ dengan pengelolaan mengikuti garis keturunan keluarga Ramli Izhaque mulai dari paman, ayah, kakak, hingga (kini) Ustadz Ramli Izhaque sendiri.

Dalam perkembangan selanjutnya, untuk merespon perubahan masyarakat, tantangan dan zaman yang ada, pada tahun 1997 Hurin 'In sedikit demi sedikit mulai merubah pola pengajarannya menjadi Lekar Plus, dimana para pengelolanya berharap ini dapat menjadi cikal bakal berdirinya sebuah Pusat Belajar komunitas ini.  

Untuk mewujudkan hal tersebut pada tahun 2010, Hurin 'In mencatatkan dirinya pada sebuah akte notaris dan kini telah mempunyai badan hukum sebagai pusat belajar dan kemanusiaan.

Selama 6 hari dalam seminggu, lebih dari 60 santri  terbagi dalam 3 waktu belajar: selepas subuh, ashar dan maghrib, mengikuti pendidikan di Hurin 'In. Dan khusus pada hari Sabtu, pengajian ini memberikan pendidikan ekstrakurikuler dimana para santri didorong untuk mengembangkan bakat-minatnya melalui kegiatan Marawis, Teater, Pencak Silat dan juga perintisan usaha kelompok seperti pembuatan sabun curah dan coklat. Sedang kegiatan kaum ibu, disamping pengajian harian dan mingguan, mereka juga mendapat bekal keterampilan seperti menanam tumbuhan apotik hidup.

Blog ini ada, juga menjadi bagian ikhtiar Hurin 'In untuk menjadi pusat belajar dan kemanusiaan.  

0 komentar:

Posting Komentar