Hurin ‘In adalah sebuah lembaga yang memiliki aksentuasi
pendidikan dan layanan masyarakat. Lembaga ini merupakan wadah kegiatan
sosial keagamaan yang populis dan terbuka untuk bekerjasama dengan
lintas organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan. Bidang
pendidikan yang menjadi sisi lain dari ruang lingkup kerja Hurin ‘In lebih
terfokus pada pendidikan alternatif, sebagai salah satu bentuk mengisi
kekosongan produk pendidikan yang tengah berlangsung di masyarakat.
Tanpa berpretensi menafikan peran lembaga pendidikan formal yang
sudah ada. Karenanya pendidikan yang diselenggarakan mencakup tiga
komponen sasaran: Pertama, anak-anak. Kedua, ibu-ibu. Ketiga, bapak-bapak.
Pencakupan
kepada tiga komponen utama berangkat dari satu kesadaran bahwa tiga
komponen utama inilah pilar pertama dari terciptanya sebuah keluarga
yang kondusif bagi perkembangan sehat anak dan anggota keluarga yang
lain. Keluarga adalah suatu matriks sosial atau suatu organisasi bio-psiko-sosio-spiritual,
dimana anggota keluarga terikat dalam suatu ikatan yang menuntut
masing-masing anggota keluarga menjaga keharmonisan dan kedinamisan satu
sama lainnya. Keharmonisan dan kedinamisan hanya akan terwujud dengan
terbangunnya silaturrahim dan silaturrahim dapat terbangun jika
masing-masing unsur anggota keluarga dapat berpengang teguh pada
nilai-nilai agama atau moral universal. Dari sini nilai menjadi satu hal yang niscaya untuk dimiliki masing-masing unsur keluarga.
Oleh karena itu konsep dasar program kerja dan jenis kegiatan yang tengah dikembangkan Hurin ‘In lebih
bermuara pada upaya pembangunan kepribadian, pengembangan potensi diri,
pencerahan akhlaq dan penyadaran. dengan menggunakan moralitas
keagamaan yang lebih kreatif, dinamis dan bermakna sebagai sesuatu yang
menghantarkan setiap peserta didik mencapai kedewasaan dan dapat
bertanggung jawab. Pengertian dewasa dan tanggung jawab mencakup
pengertian dewasa secara biologis, psikologis, sosiologis dan spiritual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar