SPIRIT

A heartbreak is a blessing from God. It’s just his way of letting you realize he saved you from the wrong one. Patah hati adalah berkah Tuhan. Itu adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yang salah

Kamis, 11 Oktober 2012

PROFILE HURIN 'IN

Hurin ‘In adalah sebuah lembaga yang memiliki aksentuasi pendidikan dan layanan masyarakat. Lembaga ini merupakan wadah kegiatan sosial keagamaan yang populis dan terbuka untuk bekerjasama dengan lintas organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan. Bidang pendidikan yang menjadi sisi lain dari ruang lingkup kerja Hurin ‘In lebih terfokus pada pendidikan alternatif, sebagai salah satu bentuk mengisi kekosongan produk pendidikan yang tengah berlangsung di masyarakat. Tanpa berpretensi menafikan peran lembaga pendidikan formal yang sudah ada. Karenanya pendidikan yang diselenggarakan mencakup tiga komponen sasaran: Pertama, anak-anak. Kedua, ibu-ibu. Ketiga, bapak-bapak.

Pencakupan kepada tiga komponen utama berangkat dari satu kesadaran bahwa tiga komponen utama inilah pilar pertama dari terciptanya sebuah keluarga yang kondusif bagi perkembangan sehat anak dan anggota keluarga yang lain. Keluarga adalah suatu matriks sosial atau suatu organisasi bio-psiko-sosio-spiritual, dimana anggota keluarga terikat dalam suatu ikatan yang menuntut masing-masing anggota keluarga menjaga keharmonisan dan kedinamisan satu sama lainnya. Keharmonisan dan kedinamisan hanya akan terwujud dengan terbangunnya silaturrahim dan silaturrahim dapat terbangun jika masing-masing unsur anggota keluarga dapat berpengang teguh pada nilai-nilai agama atau moral universal.  Dari sini nilai menjadi satu hal yang niscaya untuk dimiliki masing-masing unsur keluarga.

Oleh karena itu konsep dasar program kerja dan jenis kegiatan yang tengah dikembangkan Hurin ‘In lebih bermuara pada upaya pembangunan kepribadian, pengembangan potensi diri, pencerahan akhlaq dan penyadaran. dengan menggunakan moralitas keagamaan yang lebih kreatif, dinamis dan bermakna sebagai sesuatu yang menghantarkan setiap peserta didik mencapai kedewasaan dan dapat bertanggung jawab. Pengertian dewasa dan tanggung jawab mencakup pengertian dewasa secara biologis, psikologis, sosiologis dan spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar